KATA PENGANTAR

puji syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat, taufik dan hidayah yang telah dilimpahkan-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan Makalah Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup dengan tema “Klasifikasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup” ini dengan tepat waktu.

Penyusunan Makalah ini merupakan tugas dalam pelaksanaan matakuliah Ilmu Alamiah Dasar (IAD) sekaligus sebagai wahana pembelajaran bagi praktikan dalam mempelajari permasalahan sumber daya alam dan lingkungan hidup.
Ibarat tak ada gading yang tak retak, tentunya tulisan ini masih memiliki banyak kekurangan, untuk itu penulis menerima saran dan kritik. Semoga Makalah ini bermanfaat bagi penulis dan pembaca pada umumnya. Amin.

ciamis, 11 januari 2010

penulis

DAFTER ISI

Kata Pengantar

Daftar isi

Bab I. Pendahuluan
A. Latar Belakang
B. Permasalahan
C. Metode Pemecahan Masalah

Bab II. Pembahasan
A pengertian
B Ilmu Pengetahuan Alam sebagai dasar Pengembangan Teknologi
C Sejarah Peradaban Manusia dan Perkembangan Teknologi
D Manfaat dan Dampak dari Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi
E Ilmu Pengetahuan Alam dan teknologi Masa Depan

Bab III. Penutup
Kesimulan
Daftar Pustaka

BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang
Indonesia merupakan salah satu Negara yang beruntung karena dianugrahi kekayaan alam yang berlimpah, terutama minyak bumi, gas alam, beberapa jenis barang tambang, mineral, hutan tropis dengan berbagai jenis kayu dan hasil hutannya, kekayaan laut, dan sebagainya.
Pada dasarnya sumber daya alam itu dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu sumber daya alam yang tak dapat pulih atau tak dapat diperbaharui, sumber daya alam yang pulih atau dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang mempunyai sifat gabungan antara yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui.
Perbedaan antara sumber daya alam yang dapat diperbaharui dengan sumber daya yang tak dapat diperbaharui hanyalah tergantung pada derajat keberadaannya. Perubahan jumlah dan kualitas sumber daya alam sepanjang waktu, tanpa melihat penggunaan sumber daya tersebut, dapat berarti peningkatan atau pengurangan, membaik ataupun memburuk, terus menerus ataupun bertahap pada laju yang konstan ataupun laju yang berubah-rubah.

B. Permasalahan
1. Mendapatkan gambaran potensi sumber daya alam untuk seluruh komoditi di Indonesia.
2. mengenali, membandingkan, dan mempelajari sumber daya alam dan kingkungan hidup

C. Metode Pemecahan Masalah

Dalam penulisan metode ini penulis menggunakan metode deskriptif, yaitu menggambarkan permasalan yang di bahas pada bab pembahasan.

BAB II
PEMBAHASAN

A. Sumber Daya Alam

• Pengertian sumber daya alam

Sumber daya alam ialah semua kekayaan alam baik berupa benda mati maupun benda hidup yang berada di bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Hampir dapat dipastikan, semua benda hidup atau mati yang ada disekitar manusia memiliki potensi yang dapat di usahakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Potensi yang ada pada setiap benda diusahakan tergantung dari kemampuan manusia untuk mengelolanya. Oleh karena itu, pemanfaatan sumber daya alam sangat tergantung pada sumber daya manusia yang ada. Contohnya lahan yang subur dapat dijadikan daerah pertanian potensial sehingga merupakan sumber daya alam yang tinggi nilainya.

Manusia merupakan sumber daya bagi negaranya karena dapat memberikan manfaat bagi negara, misalnya sebagai tenaga kerja, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, pelaku ekonomi negara, dan sebagainya. Sumber daya manusia sangat penting dalam memberdayakan sumber daya alam yang ada.

• Klasifikasi sumber daya alam

 Berdasarkan Bentuk yang dapat dimanfaatkan
a. Sumber daya alam hayati
Sumber daya alam hayati ialah sumber daya alam yang berupa hewan dan tumbuh-tumbuhan.
-Sumber daya hewani: berasal dari hewan.
-sumber daya alam nabati: berasal dari tumbuhan.

b. Sumber daya alam energi
Sumber daya alam energi ialah sumber daya alam yang terkandung pada suatu benda, energi atau tenaga yang dihasilkan dan berguna bagi manusia.
Contoh: bahan baku minyak, gas alam, batu bara, dan kayu bakar.

c. Sumber daya alam ruang
Sumber daya alam ruang ialah ruang atau tempat yang diperlukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ruang dalam hal ini dapat berarti ruang untuk mata pencaharian (pertanian, perikanan), tempat tinggal, dan sebagainya. Contoh: di kota-kota besar seperti jakarta, sumber daya alam ruangnya makin sulit didapat.

d. Sumber daya alam materi
Sumber daya ini biasanya berupa berbagai mineral, contohnya mineral besi yang dapat dijadikan berbagai bahan baku alat rumah tangga ataupun bangunan.

e. Sumber daya alam waktu
Sumber daya alam waktu ialah sumber daya alam yang penting karena berkaitan dg pemanfaatan sumber daya lain. Contoh: pemanfaatan air pada musim kemarau dan musim penghujan.

 Berdasarkan Sifat Pembentukannya

a. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui (Renewable Resources)
Sumberdaya alam yang dapa diperbaharui ialah sumber daya alam yang dapat diperbaharui oleh alam atau manusia.
Sumber daya alam dapat diperbaharui dengan dua cara, yaitu sebagai berikut.
1) Pembaharuan dengan reproduksi
Pembaharuan ini terjadi pada sumber daya alam hayati seperti hewan dan tumbuhan yang berkembang biak.
2) Pembaharuan dengan adanya siklus
Contoh: udara dan air dapat diperbaharui oleh alam melalui siklus.

b. Sumber Daya alam yang tidak dapat diperbaharui (Unrenewable resources)
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui ialah sumber daya alam yang dapat habis dalam penggunaannya atau dapat juga dibentuk lagi tetapi memerlukan waktu yang lama yaitu ribuan tahun bahkan jutaan tahun. Contohnya semua jenis bahan galian (tambang).
Dalam Undang-Undang No. 11 tahun 1976 tentang pertambangan dan bahan galian diklasifikasikan menurut kepentingannya bagi negara sebagai berikut
1) Golongan A yaitu golongan bahan galian strategis.
Contoh: semua jenis batu batu bara, minyak bumi, bahan radio aktif, tembaga, aluminium, timah putih, mangan, besi, nikel, dan sebagainya. Bahan galian ini penting untuk menjamin perekonomian negara.
2) Golongan B yaitu golongan bahan galian vital.
Contoh: emas, perak, magnesium, seng, wolfarm, batu permata, mika, asbes, dan sebagainya. Bahan galian penting untuk memenuhi hajat hidup orang banyak.
3) Golongan C yaitu bahan galian yang tidak termasuk ke dalam golongan A atau B
Contoh: bahan galian yang termasuk bahan industri.

 Berdasarkan daya pakai dan nilai konsumtifnya

a. sumber daya alam yang tidak cepat habis
karena nilai konsumtifnya terhadap barang relatif kecil manusia memanfaatkannya hanya dalam jumlah sedikit, dipakai secara berulang-ulang sehingga tidak cepat habis
contoh: intan, batu permata, dan emas.

b. Sumber daya alam yang cepat habis
Karena nilai konsumtif barang tersebut relatif tinggi. Manusia menggunakan dalam jumlah yang banyak, daur ulang sukar dilakukan.
Contoh; bensin, gas alam, dan bahan bakar lainnya.

 Berdasarkan jenisnya

a. sumber daya alam biotic
sumber daya alam biotik ialah sumber daya alam yang berasal dari hewan dan tumbuhan termasuk di dalamnya mikroorganisme.

b. Sumber daya alam fisik (non hayati)
Sumber daya alam fisik ialah sumber daya alam yang berupa benda mati.
Contoh: tanah, air , udara, mineral, dan sebagainya.

B. Lingkungan Hidup

• Pengertian lingkungan hidup
Lingkungan hidup, sering disebut sebagai lingkungan, adalah istilah yang dapat mencakup segala makhluk hidup dan tak hidup di alam yang ada di Bumi atau bagian dari Bumi, yang berfungsi secara alami tanpa campur tangan manusia yang berlebihan.
Lawan dari lingkungan hidup adalah lingkungan buatan, yang mencakup wilayah dan komponen-komponennya yang banyak dipengaruhi oleh manusia

About these ads

Tentang persibkubiru

Hai kalian semua nama ku arif sulaeman aku tinggal di kawali,ciamis,jawa barat. photo daku Foto Saya AKu baik hati dan tidak sombong loh u

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s